Ikrar Wartawan Media Cetak dan Online Kalteng Siap Sukseskan Pilkada 2024

    Ikrar Wartawan Media Cetak dan Online Kalteng Siap Sukseskan Pilkada 2024
    Gambar Ilustrasi

    PALANGKA RAYA - Pesta Demokrasi yang tidak lama lagi akan dilaksanakan oleh Bangsa Indonesia, tepatnya tanggal 27 November 2024 ini. Merupakan tonggak estafet demokrasi yang selama ini telah berjalan sejak bangsa ini merdeka dari penjajah.

    Sebelumnya telah dilaksanakan nya pemilihan Presiden dan wakil presiden terpilih dan juga berbarengan dengan pemilihan anggota legislatif DPRD Kota/kabupaten, Provinsi, DPR RI serta DPD RI, 14 Pebruari 2024 lalu.

    Kesuksesan pemilu tersebut tidak terlepas dari peran serta masyarakat bangsa Indonesia itu sendiri dalam menjaga kerukunan dan kedamaian memilih pemimpin dan wakil di Parlemen.

    Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, yang telah diatur oleh KPU Republik Indonesia dan daerah. Tahapan-tahapan mekanisme baik bagi tiap bakal calon kandidat bakal kepala daerah, baik itu di tingkat Provinsi dan Kabupaten/kota, telah ditetapkan.

    Untuk mensukseskan itu semua, maka diperlukan kerjasama baik antar semua stakeholder pemerintahan dan pihak aparat keamanan TNI/Polri juga peran penting media masa, cetak dan online.

    Di dalam peran media masa tentunya juga tidak terlepas dari seorang wartawan/jurnalis nya, selaku pekerja di perusahan pers tersebut, sehingga dalam penyajian pemberitaan harus bisa mengedepankan kepentingan bangsa Indonesia bukan demi kepentingan tersendiri.

    Bisa memberikan hal edukasi serta pemahaman lebih dalam khususnya untuk pelaksanaan pilkada yang akan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

    Wartawan media cetak dan online Kalimantan Tengah, dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 inipun menyatakan sikap dengan tiga ikrar:

    1. Siap mensukseskan Pilkada 2024 yang Bermartabat, Berintegritas, Jujur, Adil, Aman, Damai dan Demokratis.

    2. Siap untuk menolak segala bentuk penyebaran Hoax, Ujaran Kebencian, Money Politik, dan Upaya Politisasi Agama dalam Pilkada 2024.

    3. Siap bersinergis dengan jajaran Polri dalam rangka menjaga stabilitas keamanan Kalimantan Tengah.

    Maka itu kesuksesan Pilkada yang saat ini sudah memasuki tahapan sosialisasi dan masa-masa kampanye oleh pasangan kandidat, peran serta media masa baik cetak dan online saat ini memiliki peranan penting ditengah masyarakat Indonesia.

    Peran dunia Digital yang semakin dekat di setiap masyarakat, hanya sebatas jari tangan tentunya memiliki efek dan dampak yang luar biasa khususnya bagi Demokrasi bangsa ini.

    Maka itu peranan setiap Wartawan atau Jurnalis memiliki peranan penting dalam menjaga kamtibmas dan konduktivitas yang selama ini terjaga dengan baik. Kesuksesan pilkada tahun 2024 ini juga ada ditangan para Wartawan/jurnalis yang tergabung di setiap induk Organisasi serta perusahaan pers.

    Dengan tetap berlindung pada UU PERS nomor 40 tahun 1999 serta mengacu pada ketentuan dan kode etik Pers yang menjadi roh nya Pers itu sendiri dalam menyajikan pemberitaan, berkualitas dan mendidik. 

    Mari sukseskan Pilkada tahun 2024 ini dengan melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa ini dengan pilihan rakyat yang berdasarkan hati nurani untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia, menuju Indonesia Emas.

    Penulis: Indra Gunawan
    Pekerjaan: Jurnalis Nasional Indonesia    Kalimantan Tengah.(//)

    palangka raya palangka raya
    Indra Gunawan

    Indra Gunawan

    Artikel Sebelumnya

    Sukseskan Pilkada, Wartawan Audensi Bersama...

    Artikel Berikutnya

    Pilkada Damai, Kabidhumas Polda Kalteng:...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Irjen TNI Buka Perlombaan Cyber Strike dan Cyber Awareness Forum
    Kapolda Kalteng Buka Taklimat Awal Audit Kinerja Itwasda Polda Kalteng Tahap II 2024
    Raih ISO 9001:2015, SSDM Polri Terus Tingkatkan Kualitas Rekrutmen Anggota
    DPR Setujui Herindra Jadi Kepala BIN, Perkuat Sinergi Intelijen dan Pertahanan
    Ungkap 149.400 Ekor BBL, Polda Lampung Selamatkan Kerugian Negara Rp37,3 M

    Ikuti Kami